Faliziah's Weblog

Oktober 25, 2010

Apa makna ulang tahun buat kamu??

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 3:56 pm

Asal usul perayaan ulang tahun.

Ulang tahun atau Milad (dalam bahasa arab) pertama kali dimulai di Eropa. Dimulai dengan ketakutan akan adanya roh jahat yang akan datang pada saat seseorang berulang tahun, untuk menjaganya dari hal-hal yang jahat, teman-teman dan keluarga diundang datang saat sesorang berulang tahun untuk memberikan do’a serta pengharapan yang baik bagi yang berulang tahun. Memberikan kado juga dipercaya dapat memberikan rasa gembira bagi orang yang berulang tahun sehingga dapat mengusir roh-roh jahat tersebut.

Merayakan ulang tahun merupakan sejarah lama. Orang-orang jaman dahulu tidak mengetahui dengan pasti hari kelahiran mereka, karena waktu itu mereka menggunakan tanda waktu dari pergantian bulan dan musim. Sejalan dengan peradaban manusia, diciptakanlah kalender. Kalender memudahkan manusia untuk mengingat dan merayakan hal-hal penting setiap tahunnya, dan ulang tahun merupakan salah satunya.

Banyak simbol-simbol yang diasosiasikan atau berhubungan dengan ulang tahun sejak ratusan tahun lalu. Ada sedikit penjelasan mengapa perayaan ulang tahun harus menggunakan kue. Salah satu cerita mengatakan, karena waktu dulu bangsa Yunani menggunakan kue untuk persembahan ke kuil dewi bulan, Artemis. Mereka menggunakan kue berbentuk bulat yang merepresentasikan bulan purnama. Cerita lainnya tentang kue ulang tahun yang bermula di Jerman yang disebut sebagai “Geburtstagorten” adalah salah satu tipe kue ulang tahun yang biasa digunakan saat ulang tahun. Kue ini adalah kue dengan beberapa layer yang rasanya lebih manis dari kue berbahan roti.

Simbol lain yang selalu menyertai kue ulang tahun adalah penggunaan lilin ulang tahun di atas kue. Orang Yunani yang mempersembahkan kue mereka ke dewi Artemis juga meletakan lilin-lilin di atasnya karena membuat kue tersebut terlihat terang menyala sepeti bulan (gibbons, 1986). Orang Jerman terkenal sebagai orang yang ahli membuat lilin dan juga mulai membuat lilin-lilin kecil untuk kue mereka. Beberapa orang mengatakan bahwa lilin diletakan dengan alasan keagamaan/religi. Beberapa orang jerman meletakan lilin besar di tengah-tengah kue mereka untuk menandakan “Terangnya Kehidupan” (Corwin,1986). Yang lainnya percaya bahwa asap dari lilin tersebut akan membawa pengharapan mereka ke surga.

Saat ini banyak orang hanya mengucapkan pengharapan di dalam hati sambil meniup lilin. Mereka percaya bahwa meniup semua lilin yang ada dalam satu hembusan akan membawa nasib baik. Pesta ulang tahun biasanya diadakan supaya orang yang berulang tahun dapat meniup lilinnya.

Ada juga mitos yang mengatakan bahwa ketika kita memakan kata-kata yang ada di atas kue, kata-kata tersebut akan menjadi kenyataan. Jadi dengan memakan “Happy Birthday” akan membawa kebahagiaan.

Pada pesta ulang tahun pertama kalinya, pesta diadakan karena orang menduga akan adanya roh jahat yang mengganggu mereka. Jadi mereka mengundang teman dan kerabat untuk menghadiri pesta ulang tahun mereka sehingga roh-roh jahat tidak jadi mengganggu yang berulang tahun. Dalam pesta-pesta selanjutnya banyak dari keluarga dan teman yang membawa kado atau bunga untuk yang berulang tahun.

Saat ini kebanyakan pesta ulang tahun diadakan untuk bersenang-senang. Jika orang yang di undang tidak bisa menghadiri pesta ulang tahun, biasanya mereka akan mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun. Tradisi mengirimkan kartu ucapan dimulai di Inggris sekitar 100 tahun yang lalu (Motomora, 1989). Pada awal mulanya hanya raja saja yang dirayakan ulang tahunnya (mungkin disinilah awal mulanya tradisi topi ulang tahun bermula). Seiring waktu berlalu, anak-anak juga di ikutsertakan dalam pesta ulang tahun. Pesta ulang tahun untuk anak-anak pertama kali terjadi di Jerman dan dinamakan “kinderfeste”. Tetapi saat ini, pesta ulang tahun bisa diadakan oleh siapa saja, terutama yang punya uang.

Perkataan Islam tentang ulang tahun

Hukum merayakan ulang tahun memang tidak didapat nash yang secara langsung melarangnya dan juga menganjurkannya. Hal itu dikembalikan kepada tradisi masyarakat setempat. Dengan catatan, tidak ada mata acara dan perilaku yang bertentangan dengan aturan Islam.

Kita tidak menemukan riwayat yang menceritakan bahwa setiap tanggal kelahiran Rasulullah SAW, beliau merayakannya atau sekedar mengingat-ingatnya. Begitu juga para shahabat, tabiin dan para ulama salafusshalih. Kita tidak pernah dengar misalnya Imam Abu Hanifah merayakan ulang tahun lalu potong kue dan tiup lilin.

Namun bila ulang tahun itu lebih banyak mudharatnya dari pada manfaatnya, apalagi menghabiskan biaya yang cukup besar, maka leibh bijaksana bila tidak dirayakan secara berlebihan.

Selain itu yang penting juga untuk diketahui bahwa dalam hukum Islam dikenal istilah “Sadd Az-Zariah”. Artinya mencegah sesuatu yang dikhawatirkan nantinya akan berakibat buruk. Karena itu ketika muncul trend qiyamullail, dikeluarkan fatwa yang meminta agar aktifitas itu tidak perlu dihidup-hidupkan.

Memang acara itu dalam rangka mencounter hura-hura malam tahun baru sekian tahun yang lalu, lalu kemudian aktifitas qiyamullail di malam tahun baru semakin menggejala di kalangan aktifis dakwah, namun ditakutkan suatu hari nanti orang akan beranggapan bahwa aktifitas seperti harus rutin dilaksanakan.

Meski awal pemikirannya cukup baik yaitu mengalihkan gairah para pemuda dari hura-hura malam tahun baru dengan terompet, campur baur muda mudi, atau pesta pora dan lainnya, dialihkan menjadi shalat malam berjamaah, tafakkur dan merenung tentang arti Islam bahkan ada doa bersama dan menangis menyesali dosa-dosa.

Tapi trend ini semakin tahun semakin luas dan para ulama mengkhawatirkan akan menimbulkan salah persepsi bagi orang awam, bahwa aktifitas ini harus rutin dikerjakan dan seolah menjadi bagian dari syariat agama ini.

Karena itu selama masih bisa ditangkal, sebelum membesar dan sulit dihilangkan, dikeluarkanlah fatwa untuk menghimbau para aktifis dakwah agar tidak perlu menyelenggarakan qiyamullail tiap malam tahun baru. Kalau mau tahajjud dan qiyamullail, silahkan dikerjakan masing-masing di rumah.

Karena itu bila dalam sebuah rumah tangga islami ingin diterapkan pola kehidupan yang Islami, menyelenggarakan ulang tahun anak bukan alternatif yang paling baik. Ini bukan berarti tradisi saling memberi hadiah tidak boleh, atau merenungi dan mensyukuri karunia yang Allah berikan tidak diizinkan. Hanya untuk melakukan aktifitas itu kan tidak harus dalam format ulang tahun.

Pendapat beberapa teman tentang hati ulang tahun :

Hanum “kalau menurut aku, itu Cuma memperingati hari tanggal lahir kita, untuk mengingat aja gt”

Dijhe “kalau aku, biasa aja kok”

Aisyah “menurut aku ultah itu mengingatkan ma dosa dan pahala hehe”

Falah “hari ultah jangan dirayakan karena itu temannya orang kristen”

Desi “sebagai peringatan supaya kita lebih siap menghadap Allah SWT,binggung juga aku yung hehe”

Lula “ultah = peringatan yang hanya diadakan 1 tahun sekali, artinya = nggak begitu penting”

Fitri “penting because moment dimana saat kita pertama kali melihat dunia ini”

Summayah “wah, kalau bagi aku nggak begitu penting. Paling-paling sebagai ajang membuat targetuntuk pribadi aku ke depan dan evaluasi target tahun lalu, mana yang tercapai atau yang tidak tercapai. Soalnya menurut aku libih berarti ulang tahun oarng-orang yang aku sayangi”

Ade “menurut aku ulang tahun itu bermakna. Kenapa bisa bermakna? Karena ulang tahun itu bagi orang awam merupakan hari dimana tambahnya umur nah karena adanya penambahan umur biasanya orang yang ulang tahun berpikir hra jd manusia yang lebih baek lebih bisa menghargai lebih bisa sukses dll. Disamping itu bermakna karena tiap ultah orang yang kita sayangi dan cintai pasti menghubungkan kita untuk mengucapkan med ultah. Tapi untuk orang yang tahu agama, bermakna karena mereka tahu setiap ultah berarti hiduo didunia ini semakin pendek dimana tanggung jawab kepada diri sendiri dan Allah SWT itu besar jadi berlomba-lomba cari pahala dan semakin dewasa dalam menjaga sikap tapi nggak bisa dipungkiri kalau setiap ultah itu mempunyai makna karena ada kado dari orang yang disayangi dan dicintai hehehehe gt yung”

Cindy “makna ultah ya bertambah umur tepat 1 tahun. Kalau perayaan ultah sich kayaknya nggak terlalu penting tapi yang tentang itu bagaimana caranya kita buat hari itu jadi awal yang baik dan hari pertama bertambahnya umur kita”

Maulana “1. Ultah berasal dari adat barat. Mantsybbaha biqouminfhwa mnhum 2. Nabi SAW nggak pernah melakukan itu dan nggak pernah menyuruh sama sekali 3. Kebanyakan di dalamnya ada hal berlebih-lebihan,tabzir wa tasrif”

Bute “menurut aku hari ultah buat aku sedih karena makin tua”

Ayoh “biasa aja”

Wena “arti hari ultah buat aku itu tanda jatah hidup di dunia udah berkurang lagi 1 tahun. Lalu penting nggak pentingnya yang namanya hari ultah itu sama dengan waktu jadi, waktu itu penting bgt buat aku. Nah kalau perayaan ultahnya sendiri nggak begitu penting buat aku”

Dik Rohmi “hari ultah bisa dipandang sebagai hari dimana kita bertambah usia dan kedewasaan. Tapi sebenarnya justru usia kita hidup di dunia berkurang. Maka dari itu sebaiknya kita lakukan muhasabah diri, intropeksi diri atas sikap dan perbuatan kita selama ini, jadikan hari itu sebagai titik awal kebahagiaan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik, bertakwa dari hari kemarin”

Ina “biasa-biasa aja. Hanya untuk moment koreksi diri aja, nggak lebih. Karena setahu ina itu budaya barat kalau memperingati gitu, dalam islam kan syukuran saja cukup”

Nida “ultah = senang st orang-orang mendoakan dan senang kalau ada yang kasih kado. Nggak senang kalau pada minta traktir haha”

Bundo “biasa aja. Buat instropeksi diri”

Dik lia “ultah mnrt aku sangat berarti. Kalaupun dirayakan sah-sah aja asal kita tahu batasnya dan tidaknberlebihan.sekedarntiup lilin bersama orang-orang dekat gak pa2 yang penting tidak menumbulkan bid’ah. Dan yang paling penting saat moment itu untuk evaluasi diri kita dan bermuhasabah lagi. Agat tetap bisa istiqomah atau mungkin bisa lebih baik lagi”

Anie “ultah itu tidak penting, yang lebih utama adalah bagaimana cara kita  mensyukuri hari kelahiran kita karena masih diberikan kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik”

Izzah “ultah tidak ada dalilnya dari al Quran dan al Hadits. So menurutq percuma merayakai itu, hanya buang-buang waktu tanpa menghasilkan amal yang diridhoi Allah SWT”

Mekha “nggak teelalu penting sich. Tapi kadang ada yang ingetin gitu. Aku syukuri aja karena masih dikasih umur”

Mbak Anna “terlepas dari masalah merayakan ultah adalah ciri nya orang non muslim. Menurut anna memang ada sesuatu yang beda di hari atau di tanggal dimana pada saat itu diri kita hadir di dunia. Berbagai perasaan tiba-tiba bermunculan di pikiran kita, tidak seperti hari biasanya banyak sikap yang bisa kita ambil pada saat itu, yang pasti kita harus bisa memaknai secara benar bahwa ketika jumlah angka umur kita semakin bertambah berarti jatah hidup kita akan semakin berkurang, sehingga kita harus terus instropeksi diri, terus berusaha untuk menjadi lebih baik dan semakin baik lagi. Selain itu jangan lupa bersyukur atas nikmatNYAsehingga sampai pada usia hari ini kita masih bisa menikmati hidup”

dik Kham “bagiku ultah itu penting tapi bukan karna hari itu kita dpet banyak ucapan atau hadiah, tapi karna ultah itu mangingatkan kita akan semakin berkurangnya waktu kita di dunia ini. jd semangat menjalani hidup ini y yunk, isilah har…i2mu dengan kebaikan jgn biarkan sedetik saja waktumu kamu gunakan untuk hal2 yg sia2 apalagi kmaksiatan ok”

Itulah pendapat mereka-mereka tentang ulang tahun itu, dan bagaimana menurut kalian??? Itu terserah kalian.

Bye . . .

Sumber : http://fauzikun.wordpress.com/2009/11/14/sejarah-perayaan-ulang-tahun/

http://danang.wordpress.com/2006/10/26/hukum-ulang-tahun/

Iklan

Oktober 24, 2010

معنى الشرك

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 8:31 am

قال الله تعالى : “ان الشرك لظلم عظيم” – لقمان: ١٣

فى تفسر الإمام الجليل الحافظ أبى الفداء إسماغيل بن كثير القرشى الدمشقى, أى : هو أعظم الظلم قال البحارى حدثنا قتيبة حدثنا جرير عن الأعمش عن ابراهم عن علقمة عن عبد الله قال: لمانزلت [الذين امنوا و لم يلبسوا إيمانهم بظلم] شق ذلك على أصحابى رسول الله صلى الله عليه و سلم و قالوا : “أينا لم يلبسوا إيمانهم بظلم ؟ فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم بالله إن الشرك لظلم عظيم.” وراوه مسلم من حديث الأعمش به ثم قون بوصيته إيابعبادة الله وحده البر بالوالدين كما قال تعالى {و قضى ربك أن لاتعبدوا الا اياه بالوالدين احسانا} و كثير اما يقرن تعالى بين ذلك فى القران. الخلاصة : إن الشرك لظلم عظيم و الذين امنوا لم يلبسوا إيمانهم بظلم.

• و فى تفسر احمد مصطفى المرغى ,

أى : <وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه يا بني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم>: و اذكر أيها الرسول الكريم موعظة لقمان لابنه و هو أشفق الناس عليه و أحبهم لديه حين أمره أن يعبد الله وحده و نهاه عن الشرك و بين له أنه ظلم عظيم أما كونه طلما فلما فيه من وضع الشئ فى غير موضعه و أما أنه عظيم فلما فيه من التسوية بين من لانعمة ألامنه و هو سبحانه و تعالى و من لانعمة لها و هى الأصنام و لأوثان.روى البخارى عن ابن مسعود قال : لما نزل قوله تعالي : الذّين آمنوا و لم يلبسوا إيمانهم بظلم أولئك لهم الأمن و هم منهتدون شق ذلك على اصحاب رسول اللّه صلي اللّه عليه و سلم و قالو : أينا لم يلبس إيمانه بظلم ؟ فقال رسول :إنّه ليس بذلك ألا تسمعون لقول لقمان :يا بني لا تشرك باللّه إنّالشرك لظلم عظيم.

الخلاصة: أمر لقمان لإبنه أن يعبد الله وحده و نهاه عن الشرك و بين له أنه ظلم عظيم أما كونه طلما فلما فيه من وضع الشئ فى غير موضعه

Oktober 18, 2010

Hanya DIA saja

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 4:17 am

Saat keluar dari pondokku tercinta . . pondok yang membesarkan,menguatkan, kepribadianku agar kelak . . dimanapun aku berada . . aku bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Aku punya tumpuan, penyemangat dll . . itu adalah teman . . sahabatku . . yang menjadi pondokq beda dengan SMA karena kita tak perlu melakukan upacara tiap senin hehehe. Yang membuat MA beda dengan SMA dan SMK karena MA lebih banyak “menghapal”, tapi itu menyenangkan ternyata hehe.

Dia datang dengan lapang . . menerima,memaklumi segala yang ada dalam diriq. Keceriaan merupakan hal utama yang harus aku lakukan . . dimulai saat aku keluar kamar.
Lalu saat dimana perpisahan untuk mencari ilmu di kota orang. Saat itu aku benar-benar merasa kehilangan. Pelukan terakhir masih terasa, rindu.

Aku takut tidak bisa menyesuaikan diri di lingkungan baru. Tapi ada banyak teman-teman yang memotivasi.
Jogja menjadi tempat aku mencari ilmu selanjudnya. Walau aku tak begitu suka jogja, entah kenapa. Aku mendapatkan teman baru, pemikiran baru dll.

Awal menjadi mahasiswa, ya begitu aja. Rasanya beda saat di pondok. Yang tadinya liburnya hari jum’ad, disini ahad yang libur, yang biasanya aku tenang dalam ujian tulis,mudah paham tapi kali ini gag gt lagi. Yang menjadi beda adalah cara mereka berpikir tentang suatu hal.

Ada banyak hal yang aku tak bisa nyambung saat ngobrol. Walau yang mengajak ngobrol, teman deket. Akhir-akhir ini . . si semester 3 ini, aku merasa sulit menghadapi pelajarannya. Di saat prakteknya juga tak begitu paham, ya karena aku tak punya cukup keberanian untuk minta diajarin hehehe. Di pelajaran kalkulus 2 ini . . ada cos sin tan . . aku gag paham apa itu cos sin tan dari dulu. Integral cos sin tan dan sejenisnya, dulu aku di ajarin ma temanq . . zatin namanya . . sabar bgt ngajarin aku hehehe . . makasih ya. Dan rasanya kepingin nangis klo aku gag paham juga. Semester ini aku sedikit takut ujiannya. Aku merasa sendiri akhir-akhir ini, dulu waktu ujian . . aku selalu belajar bersama zatin dikelas. Tahu kenapa dikelas??
Yap karena kelas kita dingin dan sepi dan ada computer yang selalu kita rawat hehe. Dulu begitu menyenangkan. Begitu mudahnya paham. Ujian matematika, aku membaca catatanq dan melihat-lihat soal-soal yang dulu pernah kita kerjakan. Tapi kadang saat mencoba soal baru, aku tak bisa, tapi alhamdulillahnya, nilai matematikaq baguslah hehehe, walau pernah juga matematika jelek.
Saat ujian kimia, aku lebih giat membaca catatan dan mencoba mengulang soal yang pernah dikerjakan. Aku tak akan membiarkan diriq mendapat nilai dibawah 7 untuk kimia hehe. Alhamdulillahnya, kimia bagus hehehe, walau pernah juga kimia jelek.

Sekarang ,gag begitu lagi. Semua terasa sulit. Semakin lama, semakin sibuknya teman-temanq. Mungkin karena kalkulus ato yang laen yang buat aku merasa ketinggalan jauh. Terkadang terpikirkn, apa aku mang tak di sini. Aku tak begitu suka tekanan.

Aku kadang merasa, tak seharusnya aku ikut teman-teman saat lagi kumpul. Ya karena aku pernah merasakan, pernah tidak dihargai. Tapi karena dulu , saat menjadi pengurus di pondok, pernah juga tak dihargai. Mereka dengan mudah bisa kapan aja main ke kos untuk belajar, tapi untukq gag bisa, tentu saja karena berbeda. Rasanya rindu saat-saat belajar di kamar temen, alhamdulillah sempat aku alami saat di pondok. Dengan mudahnya aku bisa main ke kamar, tidur siang, makan bareng, tentu karena kita sama. Kadang juga sempat terpikir untuk pindah dari jogja ini. Memang semuanya yang menjadi pilihan, ada resikonya.

Aku kesepian.

Semarah-marahnya . . semangkel-mangkelnya . . sesebel-sebelnya . . ma mereka. Aku gag bisa bener-bener marah. Tahu kenapa???

Karena hati kecil,hati terdalamq saat-saat seperti itu, selalu berkata “ingatlah pada apa yang telah mereka berikan berupa kebaikan yang pada saat itu kamu bener-bener tertolong” ya karena kata-kata itu, aku gag bisa bener-bener sebel,marah,mangkel. Tapi mungkin aku tak bisa tersenyum ramah, ya mungkin. Terkadang untuk berkata “tidak” begitu susah. Tapi aku gag boleh gt. Kalau aku gag suka, aku akan bilang tidak.
Tapi hal yang paling utama. Hal yang paling bisa memberi kedamaian, semangat dll hanya ALLAH SWT saja. Teman bisa aja pergi kapanpun, teman bisa juga membuat air mata berlinang, tapi Allah akan membuat air mata berlinang karena dosa dan rasa syukur.

Aku rindu . . . hehehe . . . !!

Oktober 13, 2010

Mengapa perut Kita Berbunyi Ketika Lapar?

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 2:38 am

Suatu pagi yang cerah.

KRUUCCUK …. KRUUCCUK …..

Paman penyihir mendengar suara itu …. Dan terdian … lalu …

Pinggu : Hei, sabar sedikit dong!

Ding – Dong : Sudah nggak tahan lagi!

KRUUCCUK …. KRUUCCUK …..

Pinggu : Sabar, dong …!

Ding – Dong : Benar-benar nggak tahan nih !

Kenapa kalu kelaparan perut kita bisa bunyi, ya ?

Pinggu : Itu kan bunyi udara yang bergerak di dalam perut kita yang kosong !

Kalau sudah bunyi begini, lebih baik segeralah makan …

Ding – Dong : Iya betul

Paman penyihir mulai geram …..

Paman Penyihir : Iya, iya ,iya . Jangan berisik! Paman masak nasinya sekarang !

Pinggu dan Ding – Dong : Kita sudah lapar paman !, sudah krucuk krucuk , nih!

Lalu paman penyihir menuju dapurnya …

Paman Penyihir : Kompor gasnya rusak … kita nggak bisa masak nasi, deh!

Pinggu dan Ding – Dong : HUUUAAA ………… LAPAAARR !

SUARA PERISTALTIK USUS

Suara yang dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yang berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita benapas, terdapat udara yang tertelan kedalam perut. Selain itu setelah selesai mencerna makanan, usu juga akan menghasilkan gas. Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, peruh masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak beasar menghasilkan perasaan lapar. Gas – gas inilah yang berputar – putar di dalam perut dan mengeluarkan suara krucuk krucuk.

Sumber : 3 menit belajar pengetahuan umun (tokoh penemu, tubuh kita, lingkungan)

Karya : Kim Seok Ho / Kim Seok Cheon

Hal : 129 tubuh kita

April 16, 2010

Andrea-Xilynx Z-5 Quarter

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 4:51 am

Andrea          :  “Hello, Gate!”

Gate               :  “Ya! Hello!”

Andrea          :  “Where are you? You must be here! Our meeting is going to begin about 5 minutes again!”

*Klik* (closed the phone)

December 23rd 2039

10.18 p.m.

A small room in Xilynx Z-5 Quarter

Tokyo, Japan

Edward          :  “Hi, guys! We are here for a mission. Before we talk about that, I want to say happy holiday to you, ha ha!”

Stevin             : “You, too. Long time no see you, Edward! “

Edward          :  “How are you, Stevin?  How about your holiday?”

Stevin             :  “Fine, same with you. I spent my holiday at beach, you know?”

Edward          :  “Ow, I see that. Hou about your holiday, Guys?”

Tera                :  “What an amazing holiday. I think, this mission disturb my holiday. Huh!”

Stevin             :  “Ha ha,  I agree with you, Tera.”

Narrator        :  Suddenly, there was a man that opened the door. He joined the meeting.

Gate               :  “I’m sorry captain. I come late.”

Andrea          :  “You always come late, Gate.”

Edward          :  “Never mind. Long time no see you, Gate”

Gate               :  “Long time no see you, too. How are you, Edward?”

Edward          :  “I’m very well, thanks. You?”

Gate               :  “I’m not fine. May be, I need a bed rest.”

Edward          :  “Take care about your health, Boy.”

Gate               :  “Ya! Let’s begin this meeting!”

Edward          :  “Guys, let’s begin this secret meeting! We’re going to do it at christmas night. At the moment, the museum isn’t open.”

Narrator        :  The meeting had begun.  Xilynx Z-5 is an elite robber team. They are so professional. Their mission at this moment was robbing the prehistory fossil at the museum in Tokyo. The prehistory fossil was founded in Hokaido at December 18th 2039. The fossil was a diamond skull. It was a part of Maya civilization. According to the rumor, Maya civilization had twenty diamond skulls. There was no one that knew their location. According to the record of the international discovery, there are sixteen diamond skulls which have been founded in this decade. So, this is the seventeenth. If the skulls become one, the great power is going to be born. The power is a power that can conquer this ultimate world.

The meeting was continued …

Edward          :  “We are going to do the Plan B. Any interuption?”

All                    :  “No!”

Edward          :  “This is the third mission for the diamon skull. We was success twice. First, in Alaska and second in India. We must be success now.”

All                    :  “Yooowww!”

Edward          :  “Let’s close this meeting. Bye”

All                    :  “Bye”

December 24th 2039

11.04 p.m.

The gate of Light Tetsu International Prehistory Museum

Tokyo, Japan

Edward          :  “We start it, now. Prepare yourself! Okay? I’m going to speak with that police.”

All                    :  “Okay!”

Tera                :  “We are the same team. I wait you there, Edward.”

Edward          :  “Ya!”

Narrator        :  All of them except Edward had been in their position. Edward walked and came near the police room. Suddenly, the police called Edward.

John                :  “Hey, you! What are you doing here?”

Edward          :  “The party is boring, you know?”

John                :  “Ow, I see. You must not like a party, right?”

Edward          :  “He he, yaa! How about drink coffee?”

John                :  “Not bad idea! But, I must keep the museum.”

Edward          :  “We will drink coffee here. I will buy it and some snacks. Wait!”

John                :  “Okay!”

Narrator        :  Edward tricked the police. He had prepared anything. He had mixed the coffee with hard drug. In the package of the coffee, there was no any suspicious thing. After a few minutes, Edward came to the police room.

Edward          :  “Sorry, it’s too long.”

John                :  “Don’t mind! Welcome!”

Edward          :  “By the way, we haven’t known each other, right? I’m Ron, Ron silvers. You can call me Ron.”

John                :  “Nice to meet you! Please call me John, Ron. It’s very quiet. I feel loneliness.”

Edward          :  “Ha ha, it’s Christmas night, John. Don’t kidding! The city is very very crowded.”

Narrator        :  Edward began to do his plan.

Team 2nd

–       Gate (The Master of Wave)

–       Andrea (The Master of Sensor Detect)

The Ceiling of the Museum Lobby

Light Tetsu International Prehistory Museum

Mission 1 – First Door of Diamond Skull Room Mission

Andrea          :  “Uhm … it’s so difficult. There are new hardware, new software, and new system.” (Pushed her watch) “Gate, help me!”

Gate               :  (Pushed his watch) “What’s wrong? Okay! I’ll try something here.”

Narrator        :  Three minutes later …

Gate               :  “Andrea, I find something. They separate the robot and the sensor. In this door, there are a robot and an analog key.”

Andrea          :  “Hmm … I don’t find any sensor at the robot.”

Gate               :  “I think, I know what I must do!”

Andrea          :  “Yes, you must detect the signal waves which come to the robot. If you find it, send the graphic wave to me! Hmm …”

Gate               :  “Yes! I find it. Now, open your watch! I sent a hologram message.”

Andrea          :  (Opened the message) “I see, Gate.”

Gate               :  “Let’s find the sensor source and the sensor master!”

Andrea          :  “Roger that! Okay!”

Xilynx Z-05 Leader

Edward (The Master of Virus)

Police Room

Light Tetsu International Prehistory Museum

Edward          :  “Ow, I see. Do you live alone, John?”

John                :  “Right, Ron! The accident happened long long ago. But, I still think about it. At that moment, my wife went with her boyfriend. I don’t know. I don’t care about it.”

Edward          :  “I’m sorry to hear that! I hope, she is fine, now.”

John                :  “I hope so. By the way, what is your request in this …” (collapsed)

Edward          :  “ha ha ha … Finally, the drugs are working. I know what you want to say. Do you want to know my request in this Christmas? I want the diamond skull, John. Bye bye!” (laughed at John)

Narrator        :  Edward left John. He went to Tera and Stevin place.

Team 1st

–       Edward (The Master of Virus)

–       Stevin (The Master of The Field)

–       Tera (The Master of Code)

The Ceiling of the Museum Corridor

Light Tetsu International Prehistory Museum

Mission 1 – First Door of Diamond Skull Room Mission

Edward          :  (Pushed his watch) “What’s wrong, Gate?”

Gate               :  “We have found the command computer, the shape of the signal waves, and the networl frequency. The robot in the first door has three different sensors. Let’s do yours, Captain!”

Edward          :  “Roger that!”

Narrator        :  Edward sent virus to the command computer. Suddenly, the robot was non active.

Andrea          :  (Reported the situation to Tera) “Tera, the robot is non active. You can come here and do your best.”

Tera                :  “Okay!”

Team 1st

First Door of Diamond Skull Room Mission

Light Tetsu International Prehistory Museum

Mission 1 – First Door of Diamond Skull Room Mission

Edward          :  “Finally, we come here”

Tera                :  “I’m going to solve the code of this analog key”

Narrator        :  Ten minutes later …

Tera                :  “Ha ha, I did it!”

Stevin             :  “You are so long. He he.”

Tera                :  “Argh! There are ten digits and it’s an analog key, you know?”

Stevin             :  “Just kidding, Tera! Ha ha”

Edward          :  “Let’s open the key and the door, Stevin!”

Stevin             :  “Okay!”

Tera                :  “I must report it to Andrea and Gate.“ (Pushed the watch) “Andrea, Gate, come here!”

Xilynx Z-05

First Door of Diamond Skull Room Mission

Light Tetsu International Prehistory Museum

Mission 2 – Second Door of Diamond Skull Room Mission

Edward          :  “We have done the first mission. We must open this second door.”

Tera                :  “This isn’t just a digital key. There are many software and many traps.”

Edward          :  “Give it to me! I will work first. I’m going to send combination of many viruses.”

Narrator        :  They worked together. After thirty minutes …

Stevin             :  “Finally, the key opens.”

Andrea          :  “Ha ha!”

Gate               :  “It’s difficult, you know?”

Edward          :  “Of course! We work together. I send viruses, Tera solves the code, and you and Andrea arrange the wave.”

Andrea          :  “Fyuh … If we don’t arrange a wave, may be, the code can’t be solved. It can bend Tera’s tricks.”

Tera                :  “Stevin, open the door! It seems there is a mission again.”

Narrator        :  The second door opened. They were going to go to the room.

Xilynx Z-05

First Door of Diamond Skull Room Mission

Light Tetsu International Prehistory Museum

Final Mission – Robbing the Diamond Skull Mission

Edward          :  “We’re here. It’s the room.”

Andrea          :  “Take care of your steps, guys! There are many lasers here. I’m going to detect the sensors source.”

Gate               :  “Watch out, Stevin!”

Stevin             :  (Walked to the glass box of the diamond skull)“Ow, I’m sorry, Gate! That was closed. I don’t see that laser.”

Andrea          :  “Edward …”

Edward          :  “Yeah! I see!”

Narrator        :  Suddenly, the lasers lost. The room was safe.

Tera                :  “Success!”

Stevin             :  “I’m going to take that skull. All of you must move from here. Wait for me!”

All                    :  “Okay!”

Edward          :  “Take care, Stevin! We wait you.”

Stevin             :  “Roger that!”

Narrator        :  Finally, Stevin took the diamond skull. After that, they went home. They went to the quarter.

December 25rd 2039

02.57 a.m.

A small room in Xilynx Z-5 Quarter

Tokyo, Japan

Edward          :  “I’m very happy, now. How about you, guys?”

Andrea          :  “Me, too. The skull is very great.”

Gate               :  “Let’s have a party after this!”

Stevin             :  “Ha ha! We have three of them.”

Tera                :  “Edward, we must make a report of our mission.”

Edward          :  “Yes, sure. We must finish the report, now. Guys, have a nice result!”

All                    :  “Yooyy!”

Narrator        :  Mission complete! Xilynx Z-5 finished their mission.

Disusun Oleh

FALIZIAH WAHYUNINGTYAS

AMRULLAH ARAFAT SAMEKTOWIBOWO

Desember 3, 2009

Sudahkah Kalian Berkomunikasi dengan Allah??

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 2:39 am

Dari Jabir r.a., katanya dia mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Sesungguhnya tali penghubung antara seseorang dengan syirik dan kafir, ialah meninggalkan shalat.”
Tahukah anda bahwa ibadah shalat itu terbagi antara Allah dan hamba-Nya separo-separo ?

MEMBACA FATIHAH
Nabi saw. bersabda: “Siapa yang tidak membaca Ummul Qur’an (Fatihah) dalam shalat, maka shalatnya tidak sempurna (Nabi mengulangnya sampai tiga kali).
Lalu ditanyakan orang kepada Abu Hurairah, “Bagimana kalau kami shalat mengikut Imam?” Jawabnya, “Bacalah perlahan-lahan! Karena aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, bahwa Allah Ta’ala berfirman: ‘Shalat itu Kubagi dua antara-Ku dan hamba-Ku. Untuk hamba-Ku ialah apa yang dimintanya.

Al-Fatihah terbagi dua,
Ayat 1 – 4 : untuk Allah; Ayat 5 : untuk Allah dan Hamba-Nya; Ayat 6 – 7 : untuk Hamba-Nya
Shalat juga bisa diartikan sebagai zikir kepada Allah. Melalui sabda Rasulullah saw, Allah berkata: “Aku adalah sahabat orang-orang yang mengingat-Ku”
Karenanya, bila Allah menjadi sahabat seseorang yang sedang shalat, itu berarti orang tersebut mampu melihat sahabatnya (Allah). Inilah sebabnya shalat itu disebut sarana berkomunikasi dengan Allah.
Dan menurut Ibnu Arabi, barang siapa yang shalatnya sudah mencapai pada tingkatan melihat Allah, maka ia selalu menjadi imam dalam shalatnya, meskipun shalatnya sendirian. Sebab, para malaikat akan menjadi ma’mum di belakang orang yang shalat pada tingkatan itu.
Shalat demikian inilah yang dapat mendatangkan ni’mat tiada tara.

Apabila dia mengucapkan :

‘Bismillaahirrahmaanirrahiim’ (Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang),
maka Allah Ta’ala menjawab,
“Hamba-Ku telah mengingat-Ku”

Apabila dia mengucapkan :

‘Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin’ (Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam),
maka Allah Ta’ala menjawab,
‘Hamadani ‘abdi’ (Hamba-Ku telah memuji-Ku).

Apabila dia mengucapkan :

‘Arrahmaanirrahiim’ (Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang),
maka Allah Ta’ala menjawab,
‘Atsna ‘alayya ‘abdi’ (Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku).

Apabila dia mengucapkan :

‘Maliki yaw middin’ (Yang Menguasai hari pembalasan),
maka Allah Ta’ala menjawab,
‘Majjadani ‘abdi’ (Hamba-Ku telah memuliakan-Ku), atau ‘Fawwadha ilayya ‘abdi’, (Hamba-Ku telah berserah diri kepada-Ku).

Apabila dia mengucapkan :

‘Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in’ (Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan),

maka Allah Ta’ala menjawab,
‘Hadza bayni wa bayna ‘abdi, wa li ‘abdi ma saala’ (inilah bagian-Ku dan bagian Hamba-Ku, dan bagi hamba-Ku apa yang dimohon akan terkabulkan).

Apabila dia mengucapkan :

‘Ihdinash shirathal mustaqim, shirathal ladzina an’amta ‘alaihim ghairil maghdhubi ‘alaihim waladhdhaallin’ (Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni’mat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula) jalan mereka yang sesat)
maka Allah Ta’ala menjawab,
‘Hadza li ‘abdi’, wa li ‘abdi ma saala’ (Ini semua bagian Hamba-Ku, dan terkabullah semua permohonan hamba-Ku).

Pesan dari zia (faliziah) : maka itu wahai teman-teman aku dan semua sodara aku, tegak kan shalat dimanapun itu dengan tepat waktu, usahakanlah. Jika azan sudah berkumandang, hentikan semua aktifitas dan segera ambil air wudhu dan sholat berjamaah atau sendiri dengan khuyuk. Kita tidak tahu kapan kita akan kembali padaNya, maka sholat lah tepat waktu, usahakan!!! Itu juga menjadi komunikasi kita dengan Allah SWT Penguasa Segalanya.

Sumber :
Shahih Muslim & Republika

Pelajaran Berharga dari ‘Iedul Qurban

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 2:31 am

 Meski baru saja ‘Iedul Adha atau ‘Iedul Qurban meninggalkan kita dan walau setahun kemudian kita akan bertemu dengannya lagi –Insya Allah–, ‘Iedul Qurban telah menyimpan pelajaran yang sangat berharga bagi kita dan kaum Muslimin di manapun berada, yang takkan pernah hilang dan lepas dari diri kita sekalipun dimakan rentang waktu. Berkurban tidaklah semata-mata menyembelih hewan pada waktu ‘Iedul Qurban, walaupun kata qurban secara bahasa adalah hewan yang disembelih waktu Adha –sedangkan menurut istilah : qurban ialah hewan yang dikhususkan pada waktu yang dikhususkan dan syarat-syarat yang dikhususkan pula dengan niatan qurbah (mendekatkan diri kepada Allah)– tetapi di balik itu semua tersimpan sesuatu yang berharga yang keabsahan kurbannya tergantung padanya, bahkan ia sebagai syarat bagi ibadah-ibadah lainnya. Pelajaran berharga itu adalah tauhid, ikhlas semata untuk Allah. Ketahuilah bahwa kedudukan tauhid dalam ibadah kedudukan wudlu di dalam shalat, yang tidak sah shalat seseorang jika tidak memiliki wudlu, demikian pula tidak sah ibadah seseorang kecuali dengan tauhid. Perhatikanlah ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.” (QS. Al Kautsar : 2) Allah memerintahkan Rasul-Nya, Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam agar menjadikan shalatnya dan sembelihannya ikhlas untuk Allah saja, tidak ada serikat bagi-Nya (lihat Tafsir Ibnu Katsir 2/600). Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman : Katakanlah : “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya. Dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (QS. Al An’am : 162-163) Menyembelih hewan kurban adalah salah satu syiar Islam terbesar di mana pada hari itu adalah hari kemenangannya ahli tauhid yang Allah perintahkan agar mereka menyelisihi kaum musyrikin dalam peribadahannya dan penyembelihannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : ”Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan doanya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari memperhatikan doa mereka? Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka dan mengingkari pemujaan-pemujaan mereka.” (QS. Al Ahqaf : 5-6) Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman : Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menyeru mereka seraya berkata : “Di manakah sekutu-sekutu-Ku yang dahulu kamu katakan?” Berkatalah orang-orang yang telah tetap hukuman atas mereka : “Ya Tuhan kami, mereka inilah orang-orang yang kami sesatkan itu, kami telah menyesatkan mereka sebagaimana kami (sendiri sesat, kami menyatakan berlepas diri (dari mereka) kepada Engkau, mereka sekali-kali tidak menyembah kami.” Dikatakan (kepada mereka) : “Serulah olehmu sekutu-sekutu kamu.” Lalu mereka menyerunya maka sekutu-sekutu itu tidak memperkenankan (seruan) mereka dan mereka melihat adzab, (mereka ketika itu berkeinginan) kiranya mereka dahulu menerima petunjuk. (QS. Al Qashash : 62-64) Perintah berkurban adalah perintah yang disyariatkan oleh Allah. Allah berfirman : “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34) Ia juga sebagai sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang sangat ditekankan. Cukuplah yang demikian itu ditunjukkan dengan firman Allah : “Barangsiapa yang mentaati Rasul itu sesungguhnya ia telah mentaati Allah.” (QS. An Nisa’ : 80) “Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur’an agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka.” (QS. An Nahl : 44) Kemudian dalam berkurban, syiar yang paling besar yang terkandung di dalamnya ialah bahwa ia sebagai millah (ajaran/agama) Ibrahim yang kita diperintahkan untuk mengikutinya. Allah berfirman : Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan). (Lagi) yang mensyukuri nikmat-nikmat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus. Dan Kami berikan kepadanya kebaikan di dunia. Dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shalih. Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) : “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (QS. An Nahl : 120-123) Demikian jelaslah bagi siapa saja yang mengetahui dan memperhatikan ayat-ayat ini bahwa millahnya Nabi Ibrahim adalah millah hanifiyah yakni satu ajaran yang dibangun di atas landasan tauhid dan berpaling dari kesyirikan, beribadah hanya kepada Allah saja, dan mengikhlaskan agama untuk-Nya. Hingga dengan ini beliau dijuluki sebagai seorang imam. Oleh karena itu syiar yang besar dan pelajaran yang berharga dari ‘Iedul Qurban adalah tauhid. Yang dituntut seluruh kaum Muslimin untuk menancapkan akidah tauhid ini dalam jiwanya dan beramal dengan tuntunan-tuntunan kalimat tauhid laa ilaaha illallah tersebut. Karena itu kewajiban yang pertama dan terakhir dalam Islam. Ingatlah! Ketika Nabi Ibrahim berkata kepada bapaknya : “Wahai bapakku, mengapa kamu menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun? Wahai bapakku, sesungguhnya telah datang kepadaku sebagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka ikutilah aku niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus. Wahai bapakku, janganlah kamu menyembah syaithan, sesungguhnya syaithan itu durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Wahai bapakku, sesungguhnya aku khawatir bahwa kamu akan ditimpa adzab dari Tuhan Yang Maha Pemurah. Maka kamu menjadi kawan bagi syaithan.” (QS. Maryam : 42-45) Demikianlah tauhid dan dakwah kepada tauhid menjadi syiar dan inti dakwahnya Nabi Ibrahim dan Nabi setelah Rrasul-Rasul lainnya. Nabi Nuh ‘Alaihis Salam sebagai Rasul yang pertama diutus, beliau berkata kepada kaumnya : “Sesungguhnya aku akan memberi peringatan yang nyata bagi kamu agar kamu tidak menyembah selain Allah. Sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa adzab pada hari yang sangat menyedihkan.” (QS. Hud : 25-26) Nabi Hud ‘Alaihis Salam berkata kepada kaumnya (Aad) : “Hai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia.” (QS. Hud : 50) Nabi Shalih ‘Alaihis Salam berkata kepada kaumnya (Tsamud) : “Hai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia.” (QS. Hud : 61) Nabi Syuaib ‘Alaihis Salam berkata kepada kaumnya (Madyan) : “Hai kaumku, sembahlah Allah! Sekali-kali tiada Tuhan bagimu selain Dia.” (QS. Hud : 74) Begitu juga dengan Nabi kita, Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menyeru kepada kita tauhid dan melarang dari berbuat syirik : “Dan janganlah kamu menyembah apa-apa yang tidak memberi manfaat dan tidak pula memberi mudlarat kepadamu selain Allah. Sebab jika kamu berbuat yang demikian itu maka sesungguhnya kamu kalau begitu termasuk orang-orang yang dhalim.” (QS. Yunus : 106) Allah telah memperjelas lagi dalam ayat yang lain tentang tugas yang diemban oleh para Rasul : Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan) : “Sembahlah Allah saja dan jauhilah taghut!” (QS. An Nahl : 36) Dan Kami tidak mengutus seorang Rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya : “Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang haq) melainkan Aku. Maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku.” (QS. Al Anbiya’ : 25) Setelah kita mengetahui bahwa pelajaran yang berharga dari ‘Iedul Qurban adalah tauhid, millah-nya Nabi Ibrahim, satu hal lagi yang juga pelajaran penting bagi kita ialah kesabaran serta keteguhan hati Nabi Ibrahim dalam mendakwahkan dan membela akidah tauhid. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : Sesungguhnya telah ada suri tauladan bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dia ketika mereka berkata kepada kaum mereka : “Sesungguhnya kami berlepas diri dari kamu dan dari apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari kekafiranmu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja.” Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya : “Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah.” Ibrahim berkata : “Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.” (QS. Al Mumtahanah : 4) “Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) hari kemudian. Dan barangsiapa yang berpaling maka sesungguhnya Allah, Dialah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al Mumtahanah : 6) Sungguh besar anugerah yang Allah berikan kepada kita berupa petunjuk agama yang lurus. Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Nabi-Nya, Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam untuk mengabarkan nikmat yang Allah berikan padanya dari hidayah shirathal mustaqim millatu Ibrahim : Katakanlah : “Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, yaitu agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS. Al An’am : 161) Bukan hanya itu saja, tetapi Allah juga memuliakan para pengikut millahnya Ibrahim dan menghinakan orang-orang yang membencinya. Allah berfirman : Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri dan sungguh Kami telah memilihnya di dunia dan sesungguhnya dia di akhirat benar-benar termasuk orang-orang yang shalih. Ketika Tuhannya berfirman kepadanya : “Tunduklah, patuhlah.” Ibrahim menjawab : “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam.” (QS. Al Baqarah : 130-131) Dengan keistimewaan ‘Iedul Qurban ini hendaknya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan ketakwaan. Allah berfirman : “Daging-daging (unta) dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridlaan Allah, tetapi ketakwaan darimulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayahnya kepada kamu. Dan berilah khabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Hajj : 37) Dan semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang menjunjung tinggi syiar-syiar Allah. “Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj : 32) Di samping itu, semoga kita juga orang-orang yang senantiasa mengamalkan firman Allah : “Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Rabbnya maka hendaklah beramal dengan amalan yang shalih dan tidak menyekutukan-Nya dalam beribadah kepada-Nya dengan sesuatu apapun.” Wal ‘Ilmu ‘Indallah. Walhamdulillahi Rabbil ‘Alamin. (Dikutip dari Buletin Al Wala’ Wal Bara’, dengan judul asli “Pelajaran Berharga Dari ‘Iedul Qurban”, ditulis oleh Al Ustadz Abu Hamzah Al Atsari, dari Syarhul Mumti’ 7/455 karya Ibnu Utsaimin rahimahullah), diterbitkan oleh : Yayasan As Salafiyyah, Jln. Sekelimus VII nomor 11 Bandung Telp. (022) 7563451. Pembina Al Ustadz Abu Hamzah Yusuf (Murid Syaikh Muqbil Al Wadi’i rahimahullah). Pemesanan : Shalih, Jln. Sekelimus VII nomor 11 Bandung Telp. (022) 7563451, @ Rp. 100 ,- (min. 50 eks))

Ditulis oleh : Al Ustadz Abu Hamzah Al Atsari

November 9, 2009

KAMMI

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 11:55 pm

Kami sadari jalan ini,,
Kan penuh onak dan duri…
Aral menghadang dan kedzoliman
Yang akan kami hadapi…

Kami relakan jua serahkan
Dengan tekad dihati…
Jasad ini,,, darah ini…
Sepenuh Ridho,,, di hati…..

Kami adalah panah-panah terbujur
Yang siap dilepaskan dari busur..
Tuju sasaran siapapun pemanahnya

Kami adalah pedang-pedang terhunus
Yang siap terayun menebas musuh
Tiada peduli siapapun pemegangnya
Asalkan ikhlas di hati
Tuk hanya Ridho Ilahi Robbi…

Kami adalah tombak-tombak berjajar
Yang siap di lontarkan dan menghujam
Menembus dada lantakkan keangkuhan

Kami adalah butir-butir peluru
Yang siap di tembakkan dan melaju
Dan mengoyak menombang kedzoliman
Asalkan ikhlas dihati
Tuk jumpa wajah Ilahi Robbi…

Kami adalah mata pena yang tajam
Yang siap menuliskan kebenaran
Tanpa ragu ungkapkan keadilan

Kami pisau belati yang selalu tajam
Bak kesabaran yang tak pernah padam
Tuk arungi dakwah ini jalan panjang
Asalkan ikhlas dihati
Menuju jannah Ilahi Robbi…

Agustus 27, 2009

Sebuah Cerita

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 3:01 am

Ujian UM UMY yang gelombang 3 akan segera dimulai,tanggal 23 agustus 2009. Aku pun mu8lai ke jogja tanggal 22 agar tidak tergesa-gesa. Aku tinggal di rumahnya rifda,aku dah sering banget tinggal di rumah dia. Aku mulai berangkat dari rumah itu sekitar jam 2 sore,tentunya aku nunggu yang patas dan ber AC. Saat bis itu sudah datang,aku naik. Perjalanannya sungguh melelahkan, akhirnya sekitar  jam 5 lebih aku sudah meluncur naik becak ke rumah rifda. Ternyata rifda uda menunggu di depan rumah,untungnya aku masih ingat jalan ke rumah rifda fyuh. Terus aku langsung sholat ashar, dan ternyata beberapa menit kemudian udah buka puasa. Buka di rumah orang tapi sahur pertama di rumah dewe. Waktu itu tuan rumah sudah menyediakan buka yaitu semangkok es buah beserta gorengannya. Tentu kita sholat berjamaah magribnya lalu dilanjudkan makan malam. Sholat tarawih berjamaah juga,yang kadang aku heran kalau sholat di masjid umum gitu adalah tentang shof. Shof putra selalu rapat tapi shof putri gak. Habis sholat kita mempersiapkan buat ujiann besok. Jalan-jalan dimalam hari nan mengerikan hehe. Aku pun ngantuk setelah kita jalan-jalan malam itu ,tidur dulu yah kawan kita lanjudkan besok ceritanya.

Pagi 23 agustus. Aku mulai terbangun skitar jam 2 lebih,tapi tidur lagi. Kita mulai sahurnya jam 3 ya setelah masakan jadi dunks. Aku sahurnya pakai mie+nasi dll. Habis makan kita tidur bentar, ya skitar jam 5 kita bangun dan sholat. Waktu itu kita berangkat jam 7an lah. Pagi-pagi sebelum aku berangkat si entin juga di jogja. Ya ada entin,nida ul,ester. Sekitar pukul 8 pagi ujian pun dimulai.

1 jam…… 2 jam…..

Teeett….!!!! udah pukul 10.30

Ujian selesai, tinggal berdoa. Akupun telp nida ul. Ya kita sempet ketemu dan ternyata nida langsung pulang ke banjar. Ya uda dia pamitan. Aku pun telp ayah minta izin nunggu di jogja sampai pengumuman ntapi aku nginep di kos entin sementara, di kos orien namanya bekas bakso pak kribo. Dan ternyata aku dapat izin. Kita pesan taksi,ke rumah rifda dulu ambil barangku terus ke kos. Di perjalanan ke rumah rifda kita dapat taksi yang sopirnya itu lulusan psikolog di UGM. Dia itu menebak semua karakter kita,katanya sich punya indra ke 6 tapi aku mikirnya emang kayak gitukan ada ilmunya. Waktu kita percaya-percaya aja. Saat aku turun buat ambil barang,si entin konsultasi gitu dech. Singkat crita,apa yang di tebak bapak taksi itu rata-rata benar. Setelah kita sampai di kos, ya kita ngobrolin semua yang dikatakan bapaknya itu dan cerita tentang pondoknya ismah dan semua anugrah. Ehm…. si esternya ternyata mau pulang meninggalkan kita. Saat itu tinggal aku ma entin yang di kos. Kita merencanakan mau buka puasa dimana,akhirnya kita putuskan buat buka di malioboro tapi sebelumnya di warnet dulu. Okey saat kita di warnet nie,lolanya warnet itu. Karna kita gak tahan ya udah kita langsung cabut ke malioboro. Pas kita telp taksi,ternyata udah penuh. Kita kan waktu itu Cuma punya 1 no taksi. Aku hubungi ester,gak bisa. Aku tanya fiki,dia gak tahu. Tanya iphe eh…. pas kita telp lucu banget,kayaknya bukan no taksi dech. Kita ngakak waktu itu didepan stikes a yani. Aku tanya richa,tapi waktu aku telp gak bisa terus richa kasih no lain lagi. Emang susah cari taksi di jogaja,sengsaranya gak ada motor,emang dah. Eh sambil nunggu taksi, kita ketawa-ketawa ckckck,ternyata uda waktunya buka tuch terus aku cari minum lah,terus taksinya datang. Pas di taksi kita bilang “susah ya pak cari taksi” eh ternyata bapak taksinya kasih kartu nama gitu dech hehe. Sesampainya di malioboro,aku langsung sholat magrib dulu. Kita jalan-jalan dech di malioboro. Kita cari makan dulu,eh ada bebek,ya udah kita sama-sama pesen bebek. Udah gitu kita kelaperan eh bebeknya alot,mangnya kita nenek-nenek hiks 3x. Disitu kita ketawa lagi. Pas uda dibayar gile…mahale poollll…..ya sudah buat pengalaman. Kita belanja-belanja dech dikit. Ya lumayan sepi sich mungkin pada tarawih kali ya,banyakan bule. Setelah kaki kita capek melangkah,kita pulang naik taksi lagi. Nah kita udah sampai di kos dan pak taksinya kasih kita kartu nama lagi ckckck. Aku langsung sholat terus mandi,dimalam hari kita crita-cerita banyak sambil ngemil. Tentunya kita juga beli makan buat sahurnyalah.akhirnya lampu kamar dimatikan dan kita tidur …ZzZzZzzzz.

Keesokkan harinya24 agustus  kita sahur ya terus kita tidur dari subuh sampai azan dhihur berkumandang. Reflek aku langsung ke KMD saat pusing-pusingnya kepalaku,BruuKKK…. fyuh aku nabrak tembok,weh cepet-cepet aku ke KMD mau basuh muka dulu biar rada sadar,apes. Setelah sholat aku Cuma duduk aja di sofa ehm. Terus kita merencanakan lagi mau buka dimana. Oke kita ambil loundry dulu baru ke malioboro lagi ya seperti biasa naik taksi,awalnya mau kesalan tapi gak jadi hehee. Kita nunggu taksi sambil mainan ma adik kecil,mirip banget ma kiki n lutfan. Terus difoto ma entin dech. Saat datang seperti biasa kita bilang “malioboro pak”. Kita nunggu buka sambil belanja buat besok sahur,kita rencana sahur pakai mie. Pas lagi di kasir ternyata azan tanda buka puasa udah berkumandang. Kata mbak kasirnya “itu ada tes silahkan minum,batalin dulu puasanya” ya udah kita terima tawaran itu. Kita beli jeco,beli ini dan itu. Coba kalau di rumah,gak perlu cari makan segala hiks3x. Sampai di kos kita bincang-bincang dan tertidurlah kita.

Tiba-tiba entin bangun yang itu buat aku kaget. Ternyata suata angklung yang buat kita terbangun hehehe berisik banget. Kita buat mie,1 mie aja uda kenyang. Eh pagi-pagi habis kita dikejudkan dengan telp dari fiki kalau nama kita gak ada di koran. Kita berusaha meyakinkan diriku tapi ternyata tak bisa. Terus entin telp mama dia eh nanggis karna diejek wira,saat itu aku juga di telp ibuq,aku juga nanggis dech. Saat kita sama-sama uda selesai telp. Kita saling pandang dan nanggis bareng-bareng. Aku mang waktu itu sedih karna kata-kata ibu aku. Beberapa menit kemudian aku blangg ke entin “puasa kita batal gak??kita kn nanggis “ kata entin “ini gak disengaja kok,awalnya kita mang gak nanggis kn Cuma suatu hal aja kita nanggis”,ya mang. Ya uda akhirnya kita mandi,entin mau daftar ulangin komunikasinya dan aku mau lengkapin berkasnya. Kita jalan dari kos ke UMY ya lumayan jauh. Entin ambil uang dku juga. Eh ternyata ATM entin gak bisa,binggung kita waktu itu coz kurang lah nek buat daftar ulang. Akhirnya kita cari ATM yg laen,naik taksi lagi,sampai aku mulai hapal jalannya ckckck. Tapi tetap aja gak bisa akhirnya aku pinjemin uang dulu terus kita ke UMY lagi. Eh pa entin tanya ma mama dia ternnyata mang gt n baru biasa diambil sisanya besok. Entin daftar ulang,bayar,kita foto kartu mahasiswa sementaranya,ambil buku osdi trz si entin daftar mataf dulu. Pas aku daftar mataf,ternyata pakai foto ya sudah aku kumpulin besok,tapi aku telp ibu nek plng besok coz ini belum beres. Kita pesen taksi lagi,operatornya kayaknya hapal nama “entin” yang selalu pesan taksi. Kita ke utara malioboro,ke foto kencana. Aku pilih yang kilat kita nunggu 1 jam jadinya fotoku itu sambil ke mall malioboro naik becak. Di perjalanannya kita menemukan warung bebek cabang kartasura weh kita seneng bgt itu. Kita di mall sholat,kita sama-sama udah lemes dan gak tahu harus kemana. Kita banyak diemnya,kita akhirnya duduk di kantor DPR di bawah pohon. Diem aja lah kita disitu,eh ada nak kecil naik sepeda ontel,tiba-tiba aja dia tendangin kita sambil naik sepedanya,tapi gak kena ya Cuma gitu doag lah. Sabar. Kita duduk-dududk sampai pukul 4 lebih dikitlah,sore. Pas kita duduk itu,si anak nakal itu terus aja kyk gt,hampir aja kesabaranku abis,pengennya aku tarik kakinya aku jatuhi dia,tapi aku kan lagi puasa jadi sabar aja lah. Kita akhirnya naik becak,aku ambil foto si entin nunggu di becak. Kita pun langsung beli bebek itu tadi. Dan kyknya pelayannya itu anak-anak yang kerja sambilan ya anak mahasiswa juga gt. Kita dimana-mana digodain terus,tapi kita biarin aja. Terus kita naik becak kemalioboro cari taksi buat pulang. Pas uda naik taksi dan kita uda sampai di kos,bapak taksinya kasih kartu nama juga. Kita ini lemes kayaknya gara-gara makan mie dech. Entin itu teman merantau aku saat di jogja. Kita keluar kamar pas magribnya buat cobain bakso pak kribo tapi tutup. Kita hari ini gak kebo jadinya cepet tidur kita.

Hari ini uda tanggal 26 aku pulang. Sebelumnya aku serahin dulu dokumen mataf itu,terus entin daftar asramanya. Kita ketemu rifda,aku ambil al quranku yang ketinggalan pas aku nginep. Kita pulang naik taksi. Aku pamitan sama itu kosnya,ma entin juga. Aku menuju stasiun tugu mau naik kreta ke solo. Aku tepati janji aku buat jenguk nanda. Aku bilang ke ester suruh jemput aku pas aku ke pondok. Pas uda sampai aku bawain ester dan nanda kelengkeng. Ya uda ester nunggu aku didepan AMC. Pas aku keluar dari taksi,ester udah disono. Kita lewat AMC dech. Aku ke kamar dia eh ada ustadah heny. Aku ke kamar nanda,si ester piket kesantrian. Aku ketemu kandi katanya aku masih kyk nak santri aja hehehe. Aku nunggu nanda,pas dia lewat aku Cuma MC dia pas dia nenggok, dia langsung triak “mbak duyung,kangen aku ma kamu”. Kadang yang buat aku semangat itu ya karna aku juga dulu pernah bilang ke nanda buat jaga hati dll,banyak nasehat dech jadinya aku malu nek aku pakai celana ketat coz aku juga bilangin dia usahakan pakai rok terus. Si kandi dkk juga bilang ke aku nek ternyata aku istiqomah yah di luar,kyk gini terus. Aku seneng aja coz aku dipandang gak munafik ma adik kelas,dulu kn aku ta’lim. Aku ketemu fitri,ima,nobel ma seeiraa. Gak lama aku di pondok coz aku gak izin ke pondoknya. Ya uda pas jan 2 lebih aku pulang diantar ma nanda, eh ada pak basir naik motor dari kantornya. Nanda nyapa aku juga, ustad senyum lebar dech kyk mau nyamperin gitu dech dan dari wajah beliau seneng,mngkn aku di luar masih pakai rok kali yah,aku juga ikutan seneng. Aku pamitan si bundo  aku telp dan titip pesan buat nanda. Aku naik becak ke yarsis buat cari taksi. Terus aku naik taksi ke terminal. Aku naik bis mira ke ngawi dech. Pas uda sampai,aku nunggu jemputan aku. Kaget aku dijemputnya naik mobil hehehe. Terus beli buah bentar, beli mie langganan coz jarang-jarang dia buka. Aku seneng bisa pulang lagi,bisa merasakan udara dinginnya pegununggan. Sampai rumah udah buka dech. Terus aku sholat,mandi buat nanti mau tarawih di masjid,uda kangen sich hehehe.

Selesai sudah ceritanya,ya gak terlalu tengkap sich. Aku banyak mendapat pelajaran dari itu. aku tidak ragu bayar taksi yang mahal hehe ya kita berbagi rizki lah ma bapak taksinya. Kebersamaan yang aku dapat,semua cerita dll. Aku ingin menjadi hamba ALLAH yang ingin lebih baik dari hari sebelumnya. Walau aku gak bisa memberi kebahagiaan buat ortu di dunia ini,aku akan berusaha memberi sesuatu nanti di akherat nanti AMIN. Okey kawan smoga ini menghibur sampai jumpa di petualangku berikutnya di jogja sebaagai mahasiswa UMY.

Agustus 12, 2009

Ingatkah Kamu Kawan

Filed under: Uncategorized — faliziah @ 3:17 am

Assalaamualaikum wr wb,

Hallo teman – temanku dimanapun kalian berada balas salam aku yah. Ijinkan aku buat menulis sesuatu teman,aku berharap nanti kalian bisa mengkritik dan memberi salam tilisan aku ini.

Wahai teman-temanku yang aku sayangi karena ALLAH menyayangi kalian juga. Aku ingin mengingatkan kalian kawan. Saat kita menjadi OP3MIA,sebelum pelantikan dimulai,kita sibuk mempersiapkan semua agar pelantikan kita nanti berjalan mulus dan memuaskan semua pihak. Maka semampunya kita berusaha. Aku dan kalian tahu bahwa diwaktu OP kita,temen-temen kita tidak bisa ikut jadi OP semuanya. Kita sedih memang,apalagi waktu itu kita melihat sendiri temen kita yang belum diberi kesempatan untuk membantu pimpinan pondok,ikut hadir demi mendukung kita yang diberi amanah itu. Wahai temen-temenku yang diberi amanah,kita selalu menjaga perasaan siantara yang laennya. Wahai temun-temenku semuanya apa kalian masih ingat janji yang sudah diucapkan dengan kalimat ALLAH,dengan syahadat. Apa kalian juga masih ingat dengan isi dari sumpah itu??? Ya memang setelah kita selesai menjabat,selesai sudah  tugas kita. Tapi kawanku,dulu kita dijadikan contoh adik-adik kelas kita,kita dipandang patut untuk ditiru. Alangkah baiknya jika kita tetap bisa menjaga apa yang sudah dipandang adik-adik kita,kawanku,sobatku,saudaraku. Alangkah indahnya kita menjaga dan saling mendukung satu sama lainnya. Cobaan memang datang tak henti-hentinya tapi jika kita saling menguatkan,akan menjadi ringan.

Wahai teman-temanku,ingatkah kalian dengan isi dari sumpah wisuda?? Didalamnya,kita diminta untuk menjaga nama “ASSALAAM” saat kita keluar menjadi alumni Assalaam. Memang setiap apa yang sudah pondok berikan,semua materi dan praktek yang sudah diberikan,entah nanti akan bener-bener menjadi muslim yang diharapkan pondok,masyarakat, dan negara. Tapi walau tak semuanya menjadi yang diharapkan pondok,tapi pondok setidaknya ingin ada 1 atau 2 atau lebih yang masih bisa menjaga nama ASSALAAM kita tercinta,menjaga nama sekolah kita,SMA atau MA atau SMK. Jadilah kamu orang yang menambah jumlah anak yang masih bisa menjaga nama pondok kita. Walau memang kita tak lagi santri,tapi apakah kalian mau dibilang mantan santri??,lebih baek dibilang mantan preman dah. Wahai teman-temanku disini aku berharap kalian tetap seperti saat dipondok,tetap mendirikan sholat tepat waktu,tetap hapalan dan murojaah,tetap ngaji,tetap berkreasi dimanapun dan sesuai syariah,dll. Itu saja. Wahai kawanku,memang tiap manusia tak selamanya bisa terus lurus,tapi kita bisa saling menguatkan dan mengingatkan satu sama yang lainnya. Karna kita selalu melontarkan kata-kata “KAMI SATU JIWA”. Apabila satu diantara kita sakit,maka sakit juga seluruhnya. Maka disaat salah satu diantara kita lagi ada kesusahan,musibah dll maka kita seharusnya membantu. Kita satu tubuh,jika tangan kita sakit maka hati akan berkata “tidak apa-apa wahai tangan,bentar lagi kamu sembuh dan akan diobati”,lalu tangan yang laen mulai membantu kesembuhan tangan yang sakit,tetapi yang lain selalu memberi semangat,agar dia merasa ada di dunia,ada untuk yang terbaik,bagi diri sendiri,keluarga,saudara,masyarakat dan negara. Wahai temanku, di dunia ini yang kekal hanyalah ALLAH semata,hanya ALLAh SWT. Dimanapun dan kapanpun,apapun yang kalian lakukan,semoga ALLAH senantiasa bersama kalian AMIN. 6256_1079092551368_1647911249_245249_2868099_n

By : temanmu yang selalu mengharapkan yang terbaik untuk kalian semua.

« Newer PostsOlder Posts »